21/04/2017

Ekspektasi Akan Kebaikan-Nya

 

Kita bersuka hati karena kita mempunyai harapan bahwa kita akan merasakan kebahagiaan yang diberikan Allah! ...
Harapan yang seperti ini tidak akan mengecewakan kita. - Roma 5:2,5

 

Kita enggan untuk mengakuinya, tetapi banyak dari kita berharap sesuatu yang baik dari Allah dan juga mengharapkan kekecewaan. Kita ingin berjumpa dengan-Nya, tetapi kita curiga perjumpaannya mungkin dalam kedok penderitaan—seolah-olah satu-satunya cara untuk dekat kepada-Nya adalah melalui penderitaan dan pencobaan. Kita tidak yakin kita ingin mencari Dia sepenuhnya karena kita takut akan harga yang harus dibayar. Namun Allah memanggil kita masuk dalam pengalaman dengan-Nya dengan janji bahwa Hadirat-Nya membawa sukacita. Ekspetasi kita tidak sejalan dengan janji-Nya. Dan kita harus memutuskan mana yang kita percaya.

 

Pengharapan memercayai yang terbaik tentang Allah—bahwa Dia tidak hanya menempatkan kita dalam pencobaan tetapi bahwa Dia juga merancangkan ke-senangan dan sukacita bagi kita. Tentu saja Dia memakai kesulitan dalam kehi-dupan kita, tetapi Dia tidak secara sadis mengatur kesulitan. Dia ingin memberkati. Itu adalah natur Allah. Ketika kita percaya kepada-Nya, kita sedang mengakui siapa Dia sesungguhnya.

 

Bersukacitalah dalam Allah dan jangan percaya pada asumsi bahwa janji-Nya akan dilanggar, rancangan-Nya akan digagalkan, atau kebaikan-Nya tidak akan terjadi dalam hidup kita. Pengharapan mendengar detak jantung-Nya dengan akurat dan menghiraukan setiap kebohongan tentang karakter-Nya. Pengharap-an adalah ekspektasi kongkrit akan kebaikan—bukan khayalan semata, bukan rasa optimisme, tetapi keyakinan akan belas kasih Allah. Dan pengharapan dalam Dia, menurut Firman Tuhan, tidak akan mengecewakan kita. Sebuah kehidupan yang berakar dalam ekspektasi akan kebaikan-Nya akan selalu terpuaskan.

 


 

Tuhan, aku meletakkan pengharapanku dalam Engkau. Aku percaya bahwa Engkau bekerja mewakiliku, tidak peduli betapa sulitnya keadaanku nanti. Penuhilah aku dengan pengharapan—yang datangnya dari Roh Kudus-Mu dan yang tidak mengecewakan. Dan bantulah aku untuk hidup dalam pengharapan itu hari ini.