-10% Kekristenan dan Nasionalisme

Parohan pertama dari abad ke-20 adalah masa menentukan bagi proses kelahiran bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Proses tersebut melibatkan dan memengaruhi semua pihak di Indonesia, tak terkecuali umat Kristen.

Buku ini mengungkapkan keterlibatan umat Kristen di Indonesia dalam pergerakan nasional. Penulis menyingkapkan bahwa keterlibatan itu mengambil bentuk dalam kegiatan politik Kristen dan dalam gerakan oikumene di Indonesia. Kegiatan politik Kristen yang menyambut positif pergerakan nasional Indonesia dimotori oleh suatu kelompok kecil cendikiawan Kristen yang berusaha menghubungkan iman Kristen dengan aspirasi nasionalisme Indonesia, yang sebelumnya cenderung menempatkan diri di luar dunia politik. Semantara itu, gereja-gereja Protestan di Indonesia berada dalam proses unik kemandirian dan keesaan, yang lahir dari upaya menjawab kebutuhan-kebutuhan umat Kristen di Indonesia menghadapi kenyataan bangsanya.


Kemandirian dan keesaan gereja-gereja ini, sebagai tema dasar gerakan oikumene gereja-gereja di Indonesia sampai sekarang, menjadi pengungkap sikap nasionalisme kalangan Kristen Protestan. Dalam gerakan ini, umat Kristen Indonesia memperoleh wawasan nasionalis bagi panggilannya dan sekaligus mentransformasikan cita-cita pergerakan nasional Indonesia, baik menyangkut kemerdekaan maupun kesatuan di dalam lingkup gereja dan masyarakat.

Membuat ulasan

Silakan masuk or registrasi untuk melakukan ulasan.

Kekristenan dan Nasionalisme

  • Lihat: 236
  • Rp.95,000
  • Rp.85,500

Menandai: buku, zakaria.j.ngelow